Part 2
Modifikasi : Kemampuan humas bisa membentuk opini.Serta mengantisipasi dan menghadapi tantangan atau resiko yang akan terjadi
melalui suatu proses untuk menentukan tujuan dan sasarna jangka pendek dan
jangka panjang secara periodic dan strategis.
- Humas tidak sama dengan marketing , tetapi humas bisa ditambah dengan marketing . Jika Humas sama dengan marketing maka image perusahaan akan buruk dimata public.
Ada 5 syarat bagi seseorang yang ingin menjadi Public relation :
- Kemampuan berkomunikasi Verbal maupun non verbal
- Harus mampu berorganisasi
- Kemampuan beradaptasi
- Personal integrity
- Imagination & Kreatifitas
- Menyusun serta mendistribusikan cerita
- Mengorganisasi konferensi pers
- Mengadakan &mengelola instrumen secara visual
- Mengatur dan memimpin acara
- Mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan sponsor
- Mengikuti rapat penting
- Mewakili lembaga dalam pertemuan lembaga
- Mengerjakan tugas-tuga periklanan
- Mengatur acara resmi
Bentuk rencana kerja PR tersebut dapat diimplementasikan :
- Rencana yang berkaitan dengan hasil atau produk (result) dari perencanaan yang telah dilaksanakan,baik jangka pendek maupun panjang.
- Rencana perancangan konsep dasar dari perencanaan kerja PR yang diranang.
- Rencana untuk membuat pernyataan berdasarkan dari target yang ingin dicapai, where do we want to go? (tujuan), dan how to get there? (strategi)
Part 3
Media Relation : alat yang digunakan untuk bekerjanya humas dalam menyampaikan sebuah informasi.
William F Arens (1990:310) : memfokuskan diri pada mengembangkan relasiyang dilakukan secara individual maupun organisasi terhadap publik guna menciptakan hubungan . Publik yang dimaksudkan ada 7 kategori :- Stakeholders
- Communities
- Media
- Government
- Investment
- Community
- Costumers
- Agar tidak terjadi kesenjangan pelayanan info kehumasan.
- Sering terjadi ketegangan antara petugas humas (PRO) dengan wartawan (media)
- Issue
- Sensasional
- Nilai berita
- Berita negatif
Bagi pers perolehan informasi tidak hanya dari humas melainkan :
- Memiliki nilai aktual dan interest
- Lengkap
- Akurat
- Komperhensif
- Diperoleh cepat & tepat pada waktunya
- Pembentukan citra positif
- Promosi
- Berita postif
- Community Relation,hubungan politik yang memfokuskan pada komunitas yang berkaitan
- Conseling, memberikan masukan kepada pihak manajemen sebelum mereka mengambil keputusan
- Development, menerjemahkan kebutuhan organisasi tersebut kepada pihak yang memiliki peluang.
- Issues Management, Manajemen isu demi terciptanya citra baik pada produk
- Media relations , bekerja sama dengan media massa dalam pembentukan citra positif yang dikrmbangkan dalam masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar